Rabu, 27 November 2013

si KURIT nih

Hmmm ini bukan peliharaan saya sih, punyanya mas pacar, namanya KURIT
ini jenis reticulated phyton atau phyton reticulatus, disebut org2 gaul sih retic, juga sering disebut sanca kembang/ sanca batik. jenis ini banyak ditemui di pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Bali, Sulawesi, pokoknya persebarannya banyak banget di Indonesia, hidupnya di sekitar rawa, sawah, pinggiran sungai, tapi kita juga bisa menemukan hewan ini di kolong tidur hahahahha..

hewan ini adalah jenis hewan nokturnal atau aktif di malam hari guys, pasti udah banyak yang tau kan tentang ular yang satu ini.. kita bahas si Kuritnya aja deh..




si Kurit ini udah dipelihara mas pacar semenjak kecil, semenjak belum ketemu saya pastinya, ketemu saya sekitar 3 tahun yang lalu.. dulu ini masih bisa dihandle satu tangan pas pertama saya pegang, sekarang sih uuuugh berat bangeeeet, itu aja foto mukanya rada ngeden2 gimanaaa gitu.. hehe

untuk perawatannya, sekarang kurit ditempatkan di kandang kayu dengan 2 pintu dan ada kacanya, kandangnya berukuran sekitar 2 meter x 1 meter dengan tinggi 1 meteran, ventilasinya berupa lubang2 di sisi kanan kiri kandang. alas kandangnya dialasi karpet plastik gitu deh, biar bersihin pupnya gampang dan ga mrembes kalo pipis, ditambah alas koran biar si Kurit cepet pinter baca hehehe.. ga ding, fungsi koran itu sebenarnya buat alasnya.

pakan kurit ini dulunya mencit lho, yaitu tikus putih yang kecil, sering juga diselingi burung  puyuh kecil2, tapi semenjak kurit mulai dewasa, bertahap kasih makannya mulai bervariasi, mulai dari rat (ukuran S, M,L lalu XL) dan kadang juga dikasih marmut, kalo mas pacar lagi kere sih kadang suka dikasih potongan kepala ayam 1kg hehehe, nah pakannya yang sekarang sih udah berubah lagi, yaitu ayam hidup utuh, tapi kadang masih dikasih potongan kepala ayam dengan jumlah yang lebih banyak. pemberian pakan cukup seminggu sekali buat kurit, atau menunggu sampai dia pup baru dipakani lagi, untuk mencegah perutnya kembung.

oya, di dalam kandang si kurit juga disediakan ember berisi air buat doi minum dan berendam, terutama ketika mau ganti kulit atau shedding, ular perlu air buat bikin badannya lembab, biar ga seret gitu pas ngelupas.

pup ular ada 2 jenis, pup hitam dan putih, kenapa ada 2 jenis ya? karena pakannya terdiri dari daging dan tulang, naaah pup hitam itu ampas daging2 dan lemak, sedangkan yang putih itu ampas kalsium dari tulang2 pakannya. 

kok mas pacar ga takut sih pelihara kaya gini? yaaaa namanya juga udah sayang sama hewan, resiko pasti tetap ada, tapi tergantung kita memperlakukan hewan itu kan, kalau perlakuan baik, pasti resiko bisa diminimalisir..

sekiaaaaaaaaaaann..

0 komentar:

Posting Komentar

 
;