Kamis, 28 November 2013

Bikin NASTAR sendiri

Masuk bulan Ramadhan waktu itu, saya menjalankan ibadah puasa di Bogor waktu itu bersama keluarga kecil saya..

siang-siang daripada tidur mulu kaaaan mending cari gawean yuksss... sempet kepikiran belanja atau nyalon sih, tapi daripada buang2 duit yang manfaatnya cuma bisa dinikmati sendiri, mending bikin kue lebaran aaah, kan bisa dinikmati rame-rame...

kepikiran bikin kue gara2 sebuah otang yang tersudut di tempat barang2 ga kepake di rumah, kasian si otang.. tau otang ga? itu loooh oven tangkring, atau oven manual yang cara pakainya ga pakai mesin tapi pakai kompor.. kalo kata mamak saya sih, yang bikin kue pake otang berarti dia expert soalnya ada tekniknya sendiri, dan katanyaaaa nih, bikin kue pakai otang rasanya lebih enyak enyak enyak.. yuk mari kita coba
ini nih si OTANG

  oke kita siapin dulu ya bahan-bahannya...
bahan-bahan diantaranya :
- 4 butir kuning telur
- 1/2 kg tepung terigu
- 150 g gula pasir
- 100 g keju cheddar (parut)
- 1 sdt vanili
- 200 g mentega putih
- 100 g mentega kuning
- selai nanas (lebih enak bikin sendiri)

*) bahan2nya saya lupa takarannya, ya kira2 segitulah..

cara bikin selai nanas :
siapkan 1 buah nanas ukuran sedang, kupas dan potong kecil2 pastikan mata nanasnya yang bikin gatal dibuang ya.. lalu nanasnya di blender sampai halus. Setelah di blender, tuang ke panci dan rebus, tambahkan kurang lebih 200 gram gula pasir (ini sesuai selera aja sih). Lalu rebus sambil terus diaduk, jus nanas yang tadinya berwarna kuning muda akan berubah menjadi kuning tua dan mengental, itu tandanya sudah jadi selai.. seperti ini nih :
1 buah nanas kira2 jadinya segini

mungkin banyak yang akan bertanya kenapa saya pakai 2 jenis mentega, kenapa tidak mentega kuning saja seperti yang banyak disarankan.
1. karena jika menggunakan mentega putih, adonan nanti akan lebih mudah dibentuk dan direkatkan kembali setelah selai nanas dimasukkan.
2. karena entah kenapa kalau pakai mentega putih, adonan akan mengembang sewaktu di oven, tanpa membuat isi adonan menjadi "kopong"

naaah step 1. Siapkan mixer.
Mix dengan kecepatan tinggi 4 kuning telur sampai agak mengembang, lalu tambahkan gula pasir + 1sdt vanili + 2 jenis mentega jadi satu dengan kecepatan sedang. Mixerlah mereka jadi satu selama kurang lebih 15 menit, kalau pegel ya bisa gantian sama siapaaaa gitu, saya sih gantian sama asisten setia saya, Mbak Ati.. hehehehe

step 2. Bermain tangan.
Maksudnya main tangan disini bukan kekerasan lho ya, tapi mari kita tinggalkan mixer dan beralih ke tangan, eitsss jangan lupa cuci tangan yang bersih ya.. setelah adonan ter-mix sempurna, tambahkan tepung terigu dan parutan keju ke dalam adonan, lalu selamat mengaduk pakai tangan... hehehe


tangan saya guede banget yak hahaha

step 3. Bola-bola.
Bentuk adonan yang telah kalis menjadi bentuk bola-bola. tau kan ukuran normalnya nastar? ya kira2 segede itu lah.. lalu buat bolongan kecil ditengahnya untuk diisi dengan selai nanas. selai nanasnya sedikit aja ya, kalau banyak2 nanti susah ditutup lagi adonannya. setelah dibulat2kan seperti bola dan diisi dengan selai nanas, tata adonan di loyang (ini sudah sepaket kalau kamu beli otang) loyangnya yang sudah diolesi mentega/margarin ya..

step 4. panaskan si OTANG
nah untuk hasil memuaskan, panaskan dulu si otang nih. dengan api kecil aja ya, ingat yang akan kita bake adalah sesuatu yang banyak mengandung gula dan sudah takdirnya si gula ini kalo dimasak bisa cepet gosong. hehe.. 

step 5. Baking!
masukan loyang ketika suhu otang di dalam sudah stabil, hati2 menyentuh badan si otang karena pasti panas. masukan lalu tutup. oya diatas otang tuh kan ada bolongan yang bisa dibuka tutup, saya sih dibuka setengah pas baking.

step 6. tukar tukar.
jadi memanggang kue pake otang itu ada teknik khususnya guys. kadang ibu2 suka kecewa masak pke otang karena pasti ada bagian yang gosong atau bahkan belum matang sempurna. untuk mengantisipasinya, kita perhatikan dulu bahwa di dalam otang ada 3 tingkatan tempat loyang. di tiap tingkatan memiliki panas yang berbeda2, di tiap sisinya juga berbeda2, misal sisi kanan belakang bisa jadi lebih panas daripada di kanan depan. jadi saran saya, ketika loyang masuk otang, taruh di tingkatan tengah, dibake stengah jam, lalu pindahkan ke tingkatan paling atas, dan jangan lupa juga merotasi loyang (yang tadinya di sisi depan, putar loyang 180 derajat hingga sampai ke belakang) lalu bake lagi setengah jam. pakai otang memang lebih lama dibanding oven listrik, jadi harus sabar ya..

dan ini dia hasilnya.....
sempurna :)
siap dinikmati sekeluarga pas buka puasa

Hmm hmm.. sebenernya berhubung adonannya berlebih nih, jadi aja iseng2 bikin cookies kurma hehehe..



sekian.. semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

 
;