Rabu, 05 Maret 2014

LONTONG KUPANG dan LONTONG BALAP khas SURABAYA


     Lontong Kupang? hmmm dari Kupang gitu? hmm NO NO NO! Saya perkenalkan bagi yang belum kenal, yang sudah kenal ya kenalan lagi gak apa2 kok, ini dia makanan khas Surabaya dan sekitarnya, lontong kupang dan lontong balap!
     Januari akhir hingga februari awal saya bertandang ke rumah saudara saya di Sidoarjo, near Surabaya, karena kita ada rencana liburan bareng memang. Saya berangkat dari Solo ke Sidoarjo dengan menaiki bus malam Eka dengan tarif 75rb rupiah, dapat makan dan tempat duduk enak! hehe.. berlanjut, berangkat dari Solo sekitar jam 9 malam dan sampai di Sidoarjo jam 3 pagi.
     Sesampainya, saya langsung diajak berkeliling sama si saudara saya itu, sebut saja dia Siwilen, memang namanya itu sih. Naaaaah salah satu yang membuat saya ketagihan ya ini nih, lontong kupang, ada juga lontong balap, tapi saya tidak tertarik sama lontong balap.

Bentukannya kurang lebih seperti ini :

LONTONG KUPANG



     Ada 5 komposisi yang ada di dalam lontong kupang ini. dan komposisi yang bikin saya terkejut (ga banget sih) adalah si kupangnya itu, itu kalau lihat di atas, kupangnya itu adalah yang seperti nasi itu, tapi bukan nasi melainkan bayi kerang! omaigat berapa juta bayi kerang yang terbunuh tiap harinya!!!!! oke lupakan! Sekedar info, kupang atau mytilus edilus dapat ditemukan menempel di tanaman laut yang berada di tepi pantai yang tenang (tidak terlalu berombak) dan di lumpur-lumpur (kalo jijik ga usah protes, ini banyak gizinya!). Komposisi lainnya ada lontong, sate keong, kuah yang dicampur bumbu petis (petis ini ciri khas bumbu masakan Jawa Timur lho), dan yang terakhir adalah bola-bola yang kuning itu, itu terbuat dari ketela kalau tidak salah, namanya lento . Naaaah selamat menikmati! saya menghabiskannya dengan kecepatan 100km/jam lho (ga nanya!). 
     Berbicara mengenai impact, pasti ada yang positif dan negatifnya dari mengkonsumsi lontong kupang ini, makanan ini bergizi namun bisa menimbulkan alergi, makanya pedagang2 lontong kupang di Surabaya dan sekitarnya termasuk Sidoarjo, udah siap sedia menyediakan menu kelapa muda yang diketahui sebagai detox alami atau penangkal racun. Buat tau lebih banyak tentang kandungan gizi dari si kupang ini, tengok aja blog kakak yang satu ini ---> klik!


LONTONG BALAP
      Naaaah beda lagi nih sama lontong balap, ga bikin alergi dan jelas bergizi juga. Saudara saya yang beli, saya cukup mengamati saja sambil icip-icip sedikit, tidak terlalu suka tauge/ kecambah soalnya hehehe.. komposisinya itu terdiri dari lontong, sate keong, tahu, kuah petis, dan tauge, bisa juga dikombinasikan dengan bola2 ketela tadi itu yang namanya lento. kalau dibandingkan dengan lontong kupang, saya lebih suka rasa lontong kupang! juara!
     Oya, harga yang dipatok pedagang bervariasi mulai dari 6rb hingga 12rb tergantung lokasi penjualnya ada dimana (saya waktu beli di dekat pantai entah apa namanya jadi mahal bangett!!! padahal porsinya sama..) kata saudara saya sih dulu jaman dia SMA, 500 perak juga udah dapet, sebanyak ini!
     Well, sekian ulasan saya tentang lontong kupang dan lontong balap, kalau ke Surabaya jangan lupa coba. Adalah menyesal kalau belum coba!

1 komentar:

Ika Prasiwi mengatakan...

tupiyeeem....

boleh ngasih masukan ??
saya ralat yaaa...bola2 yang di Lontong balap itu buka lento tapi itu semacam perkedel lah yaa...tapi dr kedelai lebih tepatnya..klo kupang dr ubi...hahahaha

itu juga sate kerang yem..bukan keong...

sekiaaan...hahaha

Posting Komentar

 
;