Rabu, 27 November 2013

OTTER/LINSANG SAYA, SI PO

Mau share sedikit tentang hewan peliharaan saya ni guys.. his name is Po.. a boy of small-clawn Otter. Dulu adopt pas dia umur 3 bulan, sekarang umurnya udah 7 bulan. Anaknya manjaaaaa bgt.. banyak susah seneng saya bareng2 sama dia (ceileh kaya apaan aja)

Waktu itu ada yang nawarin ke saya, namanya E****, masih temen satu komunitas pecinta hewan di Solo, dia jual Otter a.k.a. Linsang, udah lama juga pengen pelihara Otter. Karena hewan itu terkenal lucu dan pinter. Naaaahh akhirnya saya adopt deh itu linsang, tadinya ada 2 ekor, tapi 1 aja lah dulu, nanti kalau udah besar baru deh cariin temen.

First sight : OMG OMG OMG lucuuuuu bgt.  Pertama kali handle saya sempet kena gigit, yang namanya gigit karena takut walaupun masih baby tetep aja sakit lhoooo hahaha..
Ini dia foto2 waktu pertama kali dateng.

tempat minum dan kocet2 warna pink
 

potongan lelenya sekecil itu tuh, tanpa duri ya
mainan Po waktu kecil, lonceng digantung dikandangnya
pose paling lucuuuuu


Baby otter perlu perawatan ekstra lho.. tiap pagi (3 hari sekali) harus dimandiin biar ga bau amis, trus sarapannya lele di fillet lalu dipotong seukuran 1 ruas jari kelingking, biar mudah ditelen. Terus untuk meal-time saya kasih dia susu. Saya pilih susu SGM ananda karena nutrisinya hampir sama dengan asi hewan, diberi air matang (suhu normal tidak panas tidak dingin) lalu dimasukin ke botol dot, di dot-in kaya baby manusia, lahaaaap bgt minum susunya. Tapi sampe skrg saya masih penasaran nyari kepala dot untuk otter, dari yang biasa sampe yg mahal banget, JEBOL SEMUA!!! Hahahaha.. lanjut pas sore saya kasih makan lagi.. takarannya sih sebenernya saya kasih sampe dia kenyang aja, sampe udah menolak untuk disuapi lagi. tapi kalau dikira2 ya banyaknya sekitar 25% tubuhnya lah, itu jg kadang nyisa.. oya satu lagi, jangan lupa ajak otter main, kalau ga diajak main seharian doi bisa ngambek lho. seriusan.

Po sangat special buat saya, karena merasa Po itu udah kaya anak sendiri (agak halu ye!), kalau lapar nangis, kalau pengen main nangis, kalau pengen dot nangis, tapi kalau semua udah dipenuhi, dia berubah jadi anak manis yang manjaaaaaa banget, favoritnya itu dielus2 di bawah kuping kecilnya.

Untuk pakan, saya memilih fresh dan tidak menggunakan catfood sama sekali, walaupun catfood hemat dan praktis, pencernaan Po belum siap untuk itu. Tindakan bijak untuk semua pecinta hewan, pastikan pakan perliharaan anda adalah pakan yang ramah dengan pencernaannya, kaya kita aja, kita suka rujak, tapi pencernaan belum tentu kan..
Untuk kandang, Po saya kasih kandang kucing yang berukuran kira2 60cm x 40cm x 50cm dengan 2 pintu, jangan sekali2 memberi kandang otter dengan penutup ram kawat, ini banyak kasusnya tangan kaki otter luka-luka karena otter suka manjat2. Jika sayang hewan, pasti akan memberikan yang terbaik kan.. lanjut lagi, ini foto2 ketika Po mulai beranjak remaja…….


leleeeeeeeeeeeeeeee...
berenang sama baby lele




Po suka banget “kocet2”, tau ga itu apa? Itu adalah kegiatan yang paling saya suka, setelah mandi, saya tidak perlu repot mengeringkan Po, dia bisa mengeringkan dirinya sendiri dengan di handuk atau kain2, setiap hari kain di kandangnya saya ganti karena otter hewan yang agak kemproh hahaha.. tau ga, setelah pup, Po biasanya ngacak2 pupnya pakai tangan dan karena sifat dasarnya yang iseng, suka dipeperin kemana2 itu pupnya, kadang ke kainnya itu, untuk antisipasi kena jamur dan penyakit lain, kainnya harus diganti sehari sekali.

Po itu sukaaaaa banget main, kalau sudah keluar kandang, dia biasanya kejar2an sama siapapun yang dia lihat (agak ekstreem nih ngejarnya) dan kalau udah mulai lapar, Po suka merajuk. Po bersifat protektif banget sama apa yang dirasa miliknya. Contohnya kalau mainan favoritnya (tutup botol aqua) diambil, dia protes dengan suara bisingnya, kadang ga cuma teriak2 tapi sampe gigit2 juga hahaha.. dan kalau ada orang asing yang ajak saya ngobrol, Po semacam penasaran dan aware, kalau sekiranya mengancam, Po siap2 pasang posisi menyerang.
Kita liat2 lagi yuk foto2 Po..
tidur

tidur lagi

tidur teruuuusss


Po itu adalah otter petualang lho.. dia udah jalan-jalan ke berbagai tempat.. dia pernah travelling ke Wonosobo, Pekalongan, Bogor, Tegal, Magelang, Boyolali, Jogja.. hehehe jalan2nya sih naik mobil, ooya soal jalan2 jangan pernah kasih makan otter pas doi mau perjalanan, mabok nanti..seriusan! oke lanjut foto2 Po terbaru nih……..




Po banyak menghabiskan waktunya untuk tidur dan main, perhatikan untuk pemelihara otter lain ya, jangan sampai telat kasih makan si otter karena otter ga tahan lapar..
ya begitulah saya dan Po.. ketemu lagi lain waktu ya sama Po...

Love you, Po
*smooch!*

15 komentar:

izhie mengatakan...

PO namanya lucu n unyu2 beud pasti nama kepanjangannya "PO AME AME BELANG KUPU KUPU SIANG MAKAN NASI KALAU MALAM MINUM SUSU" karena terlalu panjang akhirnya disingkat jadi "PO" nah itulah riwayat nama "PO"

Afifah Nahary mengatakan...

hahahahahahha bisa bisa bisaaa

Unknown mengatakan...

anda sungguh luar biasa dlm merawat otter

nisha mengatakan...

di mana beli nya ?
saya mau beli

Unknown mengatakan...

Mbak ada info jualan otter dimana gak mbak? Please

Unknown mengatakan...

Mbak ada info jualan otter dimana gak mbak? Please

Unknown mengatakan...

Ni gue punya otter kalo mau adopt soalnya kerja takut ga ke uruss ,, jinak ko bisa langsung diajak jalan2 sore hari asiiikkk manja jg ga pilih2 makanan apa aja jadi ga ribed 554EEACD

Cara Mengobati Paronikia Infeksi Kuku Bernanah mengatakan...

Terima kasih info yang bergunanya, sangat dicari cari ni.!

Kunjungi juga
Cara Mengobati Paronikia Infeksi Kuku Bernanah
Cara Alami Mengobati Penyakit Ginjal Polikistik
Cara Mengobati Penyakit Step atau Kejang Pada Anak
Obat Tradisional Penyakit Sinusitis Akut dan Kronis
Cara Mengobati Pembengkakan Pada Limpa

bennyfm mengatakan...

Masih ada ga wisnu otternya? 😊

Unknown mengatakan...

Bagi yg mau otter WA 081617288822

Unknown mengatakan...

Bagi yg mau otter WA 081617288822

Unknown mengatakan...

Bagi yg mau otter WA 081617288822

Unknown mengatakan...

Nih bagi yang butuh otter terawar manja banget umur 2bulan lebih .jinak total bonding . No W,A saya 089659877927

Unknown mengatakan...

Nih bagi yang butuh otter terawar manja banget umur 2bulan lebih .jinak total bonding . No W,A saya 089659877927

Unknown mengatakan...

Hoki banget gw , kemarin dapat harga murah , dari merem sampai melek gw rawat , eh hidup sehat wkwkkwk

Posting Komentar

 
;